Kamis, 31 Januari 2008

Profil Jamayyka

Jaringan Alumni MAN-MAKN Koto Baru Padang Panjang di Yogyakarta yang lebih akrab disapa dengan JAMAYYKA adalah salah satu keorganisasian extra kampus yang digerakkan oleh para alumni MAN-MAKN Koto Baru yang berdomisili di DI.Yogyakarta. Berdirinya JAMAYYKA jauh ditahun-tahun sebelumnya tentunya tidak terlepas dari support dan keinginan alumni MAN-MAKN Koto Baru sebagai ajang perkumpulan/paguyuban dan bertukar fikiran selaku mahasiswa yang berperan di bidang akademik. Dideklarasikannya JAMAYYKA sebagai pergerakan alumni dihadiri seluruh anggota JAMAYYKA pada pertengahan tahun 2007 yang bertepatan dengan acara keakraban JAMAYYKA di kawasan pegunungan Kaliurang Yogyakarta.

Jika dilihat pada entitasnya, JAMAYYKA bukanlah sepenuhnya suatu organisasi formal yang bersifat struktural, sebagaimana halnya organisasi-organisasi intra kampus. Akan tetapi cendrung bersifat cultural yang berlandaskan emosional lebih tertanam disetiap personil JAMAYYKA dan sekaligus menjadi hal yang paling fundamental di tubuh keorganisasian. Ditinjau dari segi historisnya pun demikian, suasana emosional lebih kental dari suasana-suasana yang bersifat struktural tadi.

Konsistensi JAMAYYKA sebagai organisasi Alumni tidak hanya sekedar nama dan semangat belaka. Keeksisan Anggota dalam mengimplementasikan setiap agenda kegiatan yang telah diprogram secara periodik terlihat sangat antusias dan solid berdasarkan kontribusi anggota dalam setiap kegiatan. Adapun program kegiatan JAMAYYKA yang telah dijalankan berdasarkan program kerja yang telah dicanangkan akan diklasifikasikan sebagai berikut:
Keakraban mahasiswa baru, Diskusi Alumni, Kegiatan Ramadhan, Tasyakuran wisuda dan Sosialisasi alumni.

Selain yang telah disebutkan diatas, masih banyak kegiatan lain yang belum disebutkan. Masih ada beberapa agenda yang telah terlaksana, tapi tidak di programkan dalam program kerja organisasi karena agenda tersebut bersifat insidental seperti: pembuatan kaos JAMAYYKA, mendaki gunung, turnamen olahraga (baskeball), dan lain sebagainya.

Dihitung dari jumlah kuantitas personil JAMAYYKA yang sampai saat ini telah beranggotakan 38 orang (yang masih berdomisili di jogja), mampu memberikan warna satu sama lain melalui forum diskusi/shering sebagaiman yang telah dijelaskan diatas, walaupun belum sepenuhnya dirasakan maksimal. Hal ini tentunya tidak didapatkan begitu saja, karena selain telah mempunyai basic awal, setiap anggota juga adalah mahasiswa-mahasiswa yang juga punya andil di lumbung organisasi intra kampus sebagai agen of chance sebagai suatu idealis, seperti IMM, HMI, PMII, SMI, Koperasi Mahasiswa, Lemabaga Dakwah Kampus (LDK), Sekolah Pendidikan Bahasa Asing (SPBA), Taekwondo, Cepedi, Gita Savana (Musikal Kampus), dan Al Mizan. Dan ruh berorganisasi tersebut mungkin telah diwariskan secara turun temurun oleh alumni terdahulu hingga alumni-alumni baru sekarang. Jadi sudah jelas bahwa ritual kehidupan anggota JAMAYYKA tidak hanya bersiklus pada kos, kampus, dan kakus semata.

Maka dari forum seperti itulah Anggota JAMAYYKA selalu memperkaya dan memperkuat wacana keilmuan berupa intelektualitas dan religiulisitas pada tubuh JAMAYYKA.

1 Komentar Aje':

  1. waw ........

    numpang dung ....

    n alumni man kobar jga ....

    tpi kuliah d padang , ngak papa dunk

    BalasHapus